Kehadiran Anggota DPR RI Komisi IX Bersama BKKBN Provinsi SulSel Sosialisasikan Program KIE Di Toraja Utara,Sehari Dua Kecamatan.

WARTASULSEL.COM: TORAJA UTARA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Provinisi Sul - Sel bekerjasama dengan BKKBN Kabupaten Toraja Utara melaksanakan sosialisasi program komunikasi,informasi Dan Edukasi ( KIE ) kreatif bersama mitra kerja wilayah Sul - Sel III, drg,Andi Fauziah Pujiwatie Hatta anggota DPR RI komisi IX.

 Sehari di dua kecamatan di Kabupaten Toraja Utara BKKBN melaksanakan sosialisasi program KKBPK dari BKKBN dengan program KIE kreatif di Kelurahan Tantanan Kecamatan Tallunglipu pukul 09.00 - 12.00 Wita dan dilanjut pada pukul 14.00 - 16.00 Wita di Kelurahan Balusu Kecamatan Balusu Kabupaten Toraja Utara,Rabu (08 /11/ 2017).

 Kegiatan ini di hadiri pejabat BKKBN,Kepala bidang pengendalian penduduk Drs, Djalalludin Abdulah,MM Kepala BKKBN Toraja Utara dr,Heni Sarungallo,Kadis Kominfo Toraja utara Fitrah,Plt Sekda Toraja Utara,Wakil ketua DPRD Toraja Utara Roni Mapaliey Katunde,lurah dan Camat Tantanan dan Balusu,dan ratusan warga setempat antusias hadir di karenakan hadirnya anggota DPR RI Komisi IX drg,Andi Fauziah Pujiwatie Hatta.

 Tiga di antara pejabat yang hadir didua tempat yakni,Kecamatan Tallunglipu dan Balusu memberikan materi sesuai kapasitas program masing-masing.

 Drs,Djalalludin Abdullah,MM,Menjelaskan tentang pentingnya program KKBPK,dan 8 fungsi keluarga ( Keagamaan, Sosial Budaya, Sosialisasi, Pendidikan, Ekonomi Cinta Kasih, Reproduksi, dan Pembinaan Lingkungan ) Kemudian tentang penggunaan dan efek KB baik pria dan wanita.

 Heni Sarungallo menjelaskan dan menyampaikan bahwa 21 Kecamatan yang ada di Toraja Utara telah melaksanaan 3 dari 9 Nawa Cita Jokowi-Jk yang ada. Salah satu yang kami lakukan adalah membangun Indonesia dari pinggiran yakni membangun kampung KB, saat ini terbentuk 20 kampung KB merata hingga desa-desa terpencil,yakni Kelurahan Tantanan, Balusu, Tagari , Sangkombong. Dan saat ini kondisi KB Toraja Utara berada pada posisi 32,37 % .

 Andi Fauziah Pujiwatie Hatta yang akrab disapa Ichi anak dari mantan bupati Luwu Timur menjelaskan masalah kependudukan adalah masalah yang tidak dianggap sepele di Indonesia apalagi melihat jumlah penduduk di Indonesia yang besar jumlahnya. Oleh karena itu kita harus bertanggung jawab dan mari kita membantu pemerintah dan melaksanakan program KB untuk menekan pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali,selain itu KIE kreatif sangat penting bagi para remaja guna memperoleh informasi dan edukasi yang positif mengenai seks bebas,narkoba,dan HIV Aids.

 Peserta yang hadir saat itu memakai baju putih berlogo BKKBN, setelah peserta mengikuti sosialisasi peserta di bagikan bingkisan berwarna kuning bergambar foto dan nama Fauziah Pujiwatie ke semua peserta yang hadir.

 Di akhir acara beberapa peserta mendapatkan doorprize yang diserahkan oleh pejabat yang hadir,Kemudian peserta dihibur life musik dan tari - tarian salah satunya tari khas daerah Toraja tari ta'gellu dari crew sanggar tari bellangi.(hsm/edy)